Pages Navigation Menu

Kunjungan dan Seminar Pembangunan Bandar Warisan Nusantara di Universiti Sains Malaysia

Kunjungan dan Seminar Pembangunan Bandar Warisan Nusantara di Universiti Sains Malaysia

Mahasiswa JuDSCF1942rusan Arsitektur didampingi kepala Jurusan Arsitektur Universitas Riau, Pedia Aldy ST.,MSc, mengadakan kunjungan ke Universiti Sains Malaysia tepatnya pada hari kamis, tanggal 12 April 2018. Rombongan ini terdiri dari 21 mahasiswa dari arsitektur Universitas Riau disambut hangat oleh tuan rumah. Kata sambutan diawali oleh Dr. Shida, salah satu dosen dari HBP (Housing, Building and Planning) di Universiti Sains Malaysia, lalu dilanjutkan oleh Pedia Aldy ST., MSc selaku Ketua Jurusan Arsitektur Univeristas Riau.

Acara selanjutnya yaitu diadakan mini seminar yang ditaja oleh keduanya, baik dari Jurusan Arsitektur Universitas Riau dan HBP Universiti Sains Malaysia. Seminar pertama di bawakan oleh Dr.Shida dengan materi yaitu pariwisata Pulau Penang. Selanjutnya yaitu oleh Pedia Aldy tentang penelitian salah satu koridor jalan di Selat Panjang. Dan yang terakhir adalah seminar dari Dr. Jaki tentang  urban regeneration. Lalu setelah mendengarkan materi dari keduanya, mahasiswa dipersilahkan untuk bertanya.

Sesi tanya jawab berlangsung dengan sangat antusias, dimana terdapat 3 pertanyaan dari pihak USM. Dan 2 pertanyaan dari pihak UNRI. Setelah sesi tanya jawab, Perwakilan mahasiswa dari USM dan UNRI dipersilahkan untuk mempresentasikan hasil rancangan kuliah mereka. Diawali perwakilan dari USM yaitu Amelia dan Atika, tentang HBP itu sendiri yang ada di USM dan juga memperlihatkan hasil project studio perancangan masing-masing dari mereka.DSCF1898

Mereka menyebar mendatangi satu-persatu mahasiswa UNRI agar dapat melihat dengan jelas hasil portofolio karya mereka dan mahasiswa UNRI dapat bertanya secara langsung. Dengan antusias, mahasiswa arsitektur UNRI memperhatikan dan bertanya aktif. Selanjutnya presentasi yang terakhir yaitu dari perwakilan arsitektur UNRI, oleh Myisha Amanda untuk menjelaskan hasil studio perancangannya pada semester lalu. Acara di akhiri dengan jamuan makan siang bersama oleh pihak USM kepada pihak UNRI. Dengan adanya acara ini, selain menambah ilmu pengetahuan dan wawasan baru bagi mahasiswanya, maka akan terjalinnya silaturahmi antar keduanya, dan berharap akan mempermudah bagi kedua belah pihak jika mengadakan kerjasama untuk kedepannya. (Amanda)

DSCF1962